Thursday, June 21, 2007

Citizen Kane Film AS Terbesar


sumber Kompas, kamis 21-06-2007

Citizan Kane, film yang mengisahkan tentang seorang taipan media yang tak bermoral, kembali menduduki julukan sebagai film Amerika terbesar dalam jajak pendapat (poll) yang dilaksanakan Institut Film Amerika (AFI). Ini kali kedua, para kritikus, sejarawan dan pakar memberikan suara kepada Citizen Kane sebagai film paling terkenal AS untuk kedua kalinya dalam satu dekade. Menyisihkan kembali The Godfather, yang juga memiliki kans yang sama besar.


Hasil jajak pendapat diungkapkan dalam acara khusus CBS selama tiga jam bertajuk 100 Years, 100 Movies, 10th Anniversary Edition. The Godfather berada di urutan kedua. Setelah sebelumnya, pada satu dasawarsa silam, menduduki peringkat tiga dalam jejak pendapat 100 film terbesar di AS. Posisi ini menggantikan Casablanca yang merosot ke nomor tiga. Lonjakan besar datang dari film Raging Bull. Secara mengesankan menduduki posisi keempat dari nomor 24 pada 10 tahun lalu. Menyusul di posisi kelima Singin in the Rain.


Di posisi sepuluh besar, ada Gone With The Wind, yang menempati posisi keenam, disusul oleh Lawrence of Arabia, Schindlers List, Vertigo dan The Wizard of Oz. Vertigo, film Alfred Hitchcock yang dibintangi James Stewart, melonjak ke urutan kesembilan setelah menempati urutan ke-61 pada jejak pendapat sebelumnya. "Film Amerika senantiasa mencerminkan dan dalam banyak aspek, menunjukkan siapa kita," kata Presiden dan Kepala Eksekutif AFI, Jean Picker Firstenberg. Dia mengaitkan kian populernya DVD pada meningkatnya minat terhadap film bisu dan adikarya yang sering dipandang sebelah mata, seperti film The Searchers karya John Ford, yang meroket dari posisi 96 pada jajak pendapat sebelumnya ke peringkat ke-12.

Dari 43 film yang berhak dipilih yang dirilis dari 1996 hingga 2006, hanya Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring, Saving Private Ryan, Titanic dan The Sixth Sense yang masuk daftar. Keempat film masing-masing menempati peringkat 50, 71, 83 dan 89. Tambahan lainnya dalam daftar antara lain Cabaret, Who’s Afraid of Virginia Woolf?, The Shawshank Redemption, All The President’s Men, Spartacus dan Night at the Opera pada urutan ke 63, 67, 72, 77, 81 dan 85. (EH)

No comments: