Tuesday, June 19, 2007

China Gunting Adegan Film Pirates

[by Kantor Berita Antara]

Lembaga sensor Cina bertindak tegas terhadap film yang mereka nilai dapat merusak kebudayaan dan tatanan masyarakat. Ini mereka buktikan dengan menggunting sejumlah adegan dari sekuel ketiga film Pirates of the Caribbean, dengan alasan adegan tersebut memfitnah dan mencemarkan nama baik warga Cina.


Chow Yun-fat, harus rela beberapa aksinya dipotong lembaga sensor
Media resmi Cina, mengatakan gunting sensor telah memangkas sekitar 10 dari 20 menit adegan di mana bintang Hongkong, Chow Yun-fat, bermain sebagai seorang kapten perompak Cina. ''Keputusan memotong adegan Chow dan adegan lainnya diambil sesuai dengan ketentuan yang berlaku mengenai sensor film dan kondisi aktual Cina,'' kata Zhang Pimin, wakil kepala Biro Film Negara Cina.
Zhang tak bersedia menguraikan alasan yang lebih rinci terkait pengguntingan itu.

Namun ia menjelaskan bahwa pemotongan beberapa adegan film tersebut tidak merusak kontinuitas alur ceritanya dan citra para tokoh cerita.
Menurut majalah Cina Popular Cinema, tokoh yang diperankan Chow dengan berjenggot, berkuku panjang, kepala botak, dan berwajah seram, masih sejalan dengan tradisi lama Hollywood dalam menggambarkan orang Cina. Mereka, tulis majalah itu, memperlihatkan bahwa dunia perfilman AS kurang memahami budaya lokal Sensor juga memotong sebuah adegan di mana Chow menyatakan 'Selamat Datang ke Singapura', karena adegan itu mengisyaratkan bahwa negara tersebut sebagai sarang perompak dan sudah memicu protes dari rakyat Singapura.

Kendatipun mengalami pemotongan, Zhang menyatakan film itu bahkan akan lebih sukses ketimbang Spider-Man 3 di Cina.

Terlaris setelah Titanic
Sekuel terakhir Pirates of the Caribbean ini telah mengantongi pemasukan sebesar 1,18 juta yuan (153 ribu dolar) pada hari pertama rilisnya di Shanghai pada pekan ini. Pirates of the Caribbean: At World's End merupakan serial populer Disney yang juga dibintangi Johnny Depp. Film itu kabarnya merupakan film tercepat yang mencapai pemasukan 500 juta dolar AS pada box office global. Film pertama dalam trilogi ini, Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl pada 2003, membukukan pemasukan sebesar 653 juta dolar AS di seluruh dunia, sedangkan sekuel kedua, Pirates of the Caribeean: Dead Man's Chest pada 2006, meraih sukses besar dengan pemasukan senilai 1.1 miliar dolar AS.

Pemasukan tertinggi dalam sejarah film dicapai oleh Titanic, dengan bintang utamanya Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet. Film ini berhasil meraup penghasilan lebih dari 1,8 miliar dolar AS di seluruh dunia sejak rilisnya pada 1997.

No comments: