Tuesday, September 25, 2007

Hot Fuzz: Action Terpanas


by hery subyanto

Film ini menurutku merupakan salah satu film aktion terbaik tahun ini, sampai di bulan September ini. Satu tingkat lah dengan Bourne, tapi setingkat lebih bagus dibandingkan Die Hard 4.
Mungkin bagi yang sudah terlalu biasa dengan film action suguhan Hollywood agak kurang sabar melihat film ini.


Film ini memang bukan buatan Hollywood tapi Inggris dengan bintang-bintang yang secara fisik kurang meyakinkan untuk sebuah film action. Itulah film Inggris yang lebih menekankan pada karakter
tokoh-tokohnya.

Seperti umumnya film Inggris, pada awalnya film ini memang berjalan terlalu pelan untuk ukuran film action. Tapi disitulah asyiknya film
Inggris, karena biasanya kita disuguhi sesuatu yang menarik di akhir film.

Aku seneng banget dengan film ini karena penuh dengan kejutan. Dalam sebuah adegan kita tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Sutradara seakan-akan mengolok-olok persepsi kita akan film action yang ada selama ini. Terutama film action produk Hollywood.

Bagi yang pernah melihat Shaun of the Dead yang ditangani sutradara dan penulis yang sama, kejutan yang ada mungkin sedikit berkurang kadarnya. Film Shaun of the Dead, sutradara dan penulis cerita
menampilkan zombie yang dibalut humor cerdas.

Dalam Hot Fuzz juga begitu. Humor yang ditawarkan cerdas banget. Tentu dengan gaya Inggris yang suka mengolok-olok diri mereka sendiri.

HOT FUZZ
Director: Edgar Wright
Cast : Simon Pegg ... Nicholas Angel, Martin Freeman ... Met Sergeant, Bill Nighy ... Met Chief Inspector
Additional Details
Also Known As: Blue Fury (UK), Bubblin' Fizz (UK) , Dead Right (UK), Hot Fuzz (France) Runtime:
121 min


Film menjadi sangat seru ketika memasuki 30 menit terakhir, yakni setelah identitas penjahatnya terungkap. Identitas penjahat disini merupakan kejutan terbesar dari film ini. Benar benar tidak disangka. Menurutku gaya bertutur film ini mirip dengan gaya Agatha Christie. Petunjuk identitas penjahatnya tersebar hampir sepanjang film.

Catatan buat yang mau melihat film ini, anggaplah serius semua adegan yang ada, meskipun kelihatannya tidak penting. Perlakuan tokoh protagonis kepada antagonis juga nggak tanggung-tanggung. Kondisi terdesak ya langsung sikat saja tanpa melihat kondisi penjahatnya.

Film ini bener-bener keren dan mempunyai tingkat
hiburan yang tinggi. Pokoknya wajib tonton. Dan jangan lupa perhatikan cameo yang muncul di film ini.

No comments: