Saturday, September 1, 2007

Film Presiden Iran


Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad mengatakan ia tidak memiliki keberatan pada prinsipnya jika sutradara penerima-Oscar Oliver Stone ingin membuat film mengenai dirinya.

Laporan media Barat mengatakan sutradara AS itu, yang telah membuat film mengenai mantan presiden AS John F. Kennedy dan Richard Nixon, ingin memproduksi sebuah film mengenai Ahmadinejad, seorang pengecam keras kebijakan AS di Timur Tengah.

Ketika ditanya bagaimana ia akan menangapi permintaan itu, Ahmadinejad mengatakan pada satu konferensi pers:
"Saya tidak memiliki keberatan, berbicara secara umum, tapi mereka harus membiarkan saya mengetahui bagaimana kerangka kerjanya. Mereka harus berbicara pada teman-teman saya...berbicara terutama, saya tidak memiliki keberatan." Stone telah membuat film yang menyuarakan frustrasi generasi Perang Vietnam dan pada Mei mengungkapkan sebuah iklan politik yang minta penarikan tentara AS dari Irak, permintaan yang Ahmadinejad secara tetap minta.

Ahmadinejad, anak laki-laki seorang pandai besi, tumbuh melalui jajaran Garda Revolusi yang menggerakkan Iran secara ideologis, menjadi walikota Teheran dan memenangkan kepresidenan pada 2005, berjanji untuk membagi kekayaan minyak Iran secara lebih adil.


[Rabu, 29 Agustus 2007 l reuters/antara/]

No comments: