Tuesday, September 25, 2007

Daywatch: imajinasi liar dari Rusia


[by hery subyanto]

Film produksi Rusia ini merupakan bagian kedua dari film yang rencananya dibuat trilogi.

Judul pertamanya Night watch telah dirilis tahun lalu. Sayang sekali
aku belum melihatnya. Seri kedua ini di Rusia penjualan tiketnya melampaui film-film box office dari Amerika, macam Spiderman 3 dan Pirate 3. Bisa dibayangkan kan bagusnya film ini. Review yang ada
juga memberikan poin lebih terhadap Day Watch dibandingkan dengan film-film sekuel produk Hollywood.

Ceritanya biasa, yakni pertarungan antara yang baik dan buruk. Film menjadi luar biasa karena dikemas dengan gaya yang berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh Hollywood.

Karakter tokoh utamanya aneh banget. Melihat polah tingkah dia, kita jadi tidak yakin cerita akan mengalir kemana. Beda banget dengan
karakter hero di film Hollywood. Tokoh utama disini digambarkan labil banget, suka ceroboh. Padahal disini dia punya tugas berat, yakni selain menyelamatkan anaknya dia juga harus menghindarkan dunia dari kegelapan.

Day Watch (Russia)
Release Date: June 01, 2007

Director: Timur Bekmambetov
Writer: Timur Bekmambetov
Starring: Konstantin Khabensky Aleksei Chadov Yuri Kutsenko Igor Lifanov Sergei Lukyanenko Rimma Markova Vladimir Menshov and Mariya Poroshina
Studio: Fox Searchlight


Penjahatnya juga aneh. Musuh di depan mata juga gak segera dibunuh malah dibiarkan mabuk! Yang menarik pertentangan antara baik dan buruk ini digambarkan lebih ke pertarungan ideologi. Ada orasinya segala. Pilih kanan atau kiri.

Berbeda (lagi) dengan Hollywood, cerita film ini dieksekusi dengan sangat nyaman. Tidak kanan ataupun kiri. Film ini semakin asyik dinikmati berkat tampilan visual dan aksi yang ditawarkan. Sangat imajinatif.

Sutradara benar-benar mempunyai imajinasi yang liar menurutku. Mungkin efek visual yang ditampilkan tidak seheboh film Hollywood. Tetapi menurutku, efek visual yang ada sangat pas untuk menggambarkan imajinasi liar tadi. Tidak menyangka Rusia bisa membuat film sperti ini. Dan sebuah pengalaman yang mengasyikkan melihat aksi bintang-bintang dari Rusia yang tenyata tidak sedingin yang aku bayangkan. Malah kadang ada sepotong humor yang terselip yang cukup bisa membuat senyum kita tersungging.



No comments: